Selasa, 19 Oktober 2010

Misteri Dibalik Tewasnya Anjar Saputro, Apakah Mantan Ajudan Susno Sengaja Ditewaskan???

Share |


Misteri Dibalik Tewasnya Anjar Saputro, Apakah Mantan Ajudan Susno Sengaja Ditewaskan???. Tewasnya mantan ajudan Komjen Susno Duadji, Ipda Anjar Saputro, Kamis (14/10) kemarin, dalam kecelakaan lalu lintas di Bogor, mengundang spekulasi. Anjar dinilai mengetahui banyak fakta dalam proses hukum perkara kasus-kasus yang dituduhkan pada Susno. Spekulasi mencurigakan yang beredar, Ipda Anjar diduga sengaja ditewaskan dengan bermotif kecelakaan karena dia merupakan saksi kunci dalam kasus-kasus Susno saat ini.
Misteri Dibalik Tewasnya Anjar Saputro, Apakah Mantan Ajudan Susno Sengaja Ditewaskan???
Menurut mantan Anggota DPR-RI, Ali Mocthar Ngabalin, kepada Waspada Online, tadi malam menyebutkan, penyebab kematian Ipda Anjar Saputro patut dicurigai. Kuat dugaan bahwa penyebab kematian, menurutnya, disengaja dengan dalih kecelakaan lalu lintas sehingga orang melihat hanya karena kasus kecelakaan murni. “Bisa jadi ada skenario dalam kejadian itu,” kata Ketua Umum DPP BK PRM (Badan Komunikasi Pemuda dan Remaja Masjid) ini.
Alasannya, lanjut Ngabalin, Anjar sempat menjadi ajudan kepercayaan Susno sejak menjabat sebagai Kepala Polda Jawa Barat hingga Kabareskrim Mabes Polri. “Ada indikasi Anjar adalah saksi kunci dan saksi yang bisa meringankan Susno sendiri dalam menghadapi kasus yang menderanya,” katanya.
Karena itu, ujar Ngabali, Polri harus membentuk tim independen melibatkan Komnas HAM, LPSK (Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban) untuk mengungkap fakta dibalik kasus laka ini. “Ini harus diungkap kepolisian, apakah kasus ini by accident atau lakalantas murni? Karena korban kita tahu menjadi saksi kunci dalam kasus yang dihadapi Susno,” ujar Ngabalin.
Ditanya apakah meninggalnya Anjar terkait dengan pengetahuan yang dimilikinya, kuasa hukum Susno, Ari Yusuf Amir, mengatakan dirinya tidak pasti tewasnya Anjar ada unsur disengaja atau tidak. “Kita tidak bisa berspekulasi soal itu. Yang jelas kita masih menyelidiki kejadian yang sebenarnya,” jelas Ari.
Seperti diberiatakan sebelumnya, Ipda Anjar Saputro tewas kecelakaan, Kamis, (14/10) sekira pukul 16.45 WIB di Jalan Raya Salabenda-Bandara Atang Senjaja (ATS), Bogor, tepatnya di Kampung Salabenda Pintu Air RT 3/5 Desa Parakanjaya, Kecamatan Kemang, Kabupaten Bogor.
Saat itu, Anjar sedang mengendarai sepeda motor Honda Supra X F 5480 DP. Dia bergerak dari arah Salabenda menuju ATS. Ketika sampai di Kampung Salabenda, Anjar mencoba mendahului angkot, namun kehilangan keseimbangan, sehingga terjatuh ke kanan jalan. Lantas, Anjar kemudian terlindas oleh mobil L 300 F 7311 FA yang sedang melaju dari arah berlawanan. Anjar meninggal di tempat kejadian dan jenazahnya dibawa ke RS PMI Bogor.
Korban telah dikebumikan, kemarin siang, di TMP Bogor. Susno sendiri yang sedang ditahan di Markas Brimob Kelapa Dua merasa terkejut dan shock mendengar kematian mantan ajudan kepercayaannya itu. [WASPADA]
Beberapa kali Anjar diperiksa Tim Independen Mabes Polri yang dipimpin Irjen Mathius Salempang terkait perkara Susno. Menurut salah satu sumber, Anjar pernah diminta mengubah BAP. Namun hal itu tidak dilakukannya. Anjar konsisten mengungkapkan apa yang diketahuinya sebagai kebenaran, terhadap Susno. Diduga kesaksian Anjar menguatkan alibi Susno.
————–
Putri sulung Susno, Indira Tantri, mengungkapkan, setiap kali Anjar diperiksa oleh tim penyidik independen Polri, Anjar selalu dipaksa untuk mencocokkan data dengan pernyataan Syahril Johan dan Syamsu Rijal. “Pak Anjar pernah cerita dia selalu ditanya, ‘Anjar sudah ubah BAP?’ Dan pak Anjar cuma diam,” cerita Indira.
Ipda Anjar merupakan salah satu saksi kunci dalam kasus-kasus yang dituduhkan pada Susno, dan dinilai banyak mengetahui proses hukum Susno yang diatur dari Mabes Polri. Ditanya apakah meninggalnya Anjar terkait dengan pengetahuan yang dimilikinya, kuasa hukum Susno, Ari Yusuf Amir, mengatakan dirinya tidak pasti tewasnya Anjar ada unsur disengaja atau tidak. [WASPADA]
sumber : http://kabarnet.wordpress.com/2010/10/16/mantan-ajudan-susno-sengaja-ditewaskan/
Pengacara: Usut Kematian Ajudan Susno
Pengacara Susno Duadji, Zul Armain mendesak kepolisian untuk mengusut kematian saksi Anjar Saputro yang meringankan kliennya. Dia meminta Kepolisian membuktikan apakah kematian Anjar, yang adalah mantan ajudan Komisaris Jenderal Susno Duadji, itu kecelakaan murni atau disengaja.
“Kami minta pihak kepolisian mengusut secara tuntas atas meninggalnya Anjar. Jangan cepat-cepat membuat suatu klarifikasi ini kecelakaan murni,” kata Zul Armain saat dihubungi wartawan, Senin 18 Oktober 2010. Menurut dia, peristiwa kecelakaan yang terjadi pada Kamis 14 Oktober itu bisa diusut dan dijelaskan secara adil. “Tabrakan kenapa kan bisa juga dan siapa pemilik kendaraan,” kata dia. “Jangan langsung justifikasi ini meninggal kecelakaan murni.”
Dia mengatakan Anjar adalah saksi kunci dari kasus yang dihadapi Susno Duadji. Karena, kata dia, saat mantan Kepala Badan Reserse dan Kriminal Polri itu menjadi Kepala Kepolisian Daerah Jawa Barat, Anjar telah menjadi ajudannya. “Beliau adalah saksi kunci yang bisa meringankan, untuk menyangkal apa yang dituduhkan kepada Pak Susno, beliau ini saksi kuci untuk dua kasus,” kata dia.
Namun demikian, dengan kematian Anjar itu bukan berarti saksi yang meringankan Susno telah habis. Dia mengatakan masih ada beberapa saksi meringankan lain yang bisa diajukan ke pengadilan. “Saksi yang lain juga ada, tapi kalau lebih dari satu lebih ada keyakinan untuk mempertimbangkan,” kata dia.
Lantas, apakah pihak pengacara menduga adanya kesengajaan dalam kematian Anjar? “Kalau kita tidak boleh berprasangka buruk, kita harap ada klarilikasi yang fair di Kepolisian,” kata dia. Sebelumnya, ajudan Susno Duadji Ipda Anjar tewas dalam sebuah kecelakaan pada 14 Oktober. Saat itu Anjar tengah mengendarai sepeda motor Supra X berplat nomor F 5480 DP dari arah Salabenda menuju Bandara Atang Senjaja.
Saat di Jalan Raya Salabenda Kampung Salabenda Pintu Air, Rt 03 RW 05 dusun Parakan Jaya, Kecamatan Kemang Kabupaten Bogor, Korban Anjar yang saat itu hendak mendahului mobil angkutan umum terjatuh. Dalam waktu bersamaan dari arah berlawanan melintas mobil Mitsubisi F 7311 FA yang melintas. Korban meninggal di lokasi kejadian dan jenazahnya dibawa ke RS PMI Bogor. (adi)


sumber :http://unik13.info/2010/10/misteri-dibalik-tewasnya-anjar-saputro-apakah-mantan-ajudan-susno-sengaja-ditewaskan/
http://unic77.blogspot.com/2010/10/misteri-dibalik-tewasnya-anjar-saputro.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

google translate

Arsip Blog

Submit Your Site To The Web's Top 50 Search Engines for Free!