Kamis, 23 Desember 2010

Berapa Harga yang Pantas untuk Tiket Final AFF Cup 2010?

Share |
Banyak yang mengeluhkan sikap PSSI dan panpel yang berencana menaikkan harga tiket final AFF Cup 2010. Di saat masyarakat bangsa ini ingin bersatu, harus ada penghalang bernama kenaikan harga.

Kita lihat bagaimana fluktuasi harga tiket pertandingan Indonesia sejak babak penyisihan hingga semifinal, lalu final, memang seperti harga sembako menjelang tahun baru. Namun tak ada diskon seperti harga baju-baju di mall.



Perubahan harga tiket AFF Cup di Indonesia

Kategori TiketBabak GrupSemifinal
Kategori 3Rp 50 ribuRp 50 ribu
Kategori 2Rp 75 ribuRp 100 ribu
Kategori 1Rp 100 ribuRp 150 ribu
VIP TimurRp 150 ribuRp 250 ribu
VIP BaratRp 200 ribuRp 350 ribu
VVIPRp 250 ribuRp 500 ribu

Di babak grup, seluruh tiket laga Indonesia laris manis. Laga pertama Indonesia vs Malaysia dihadiri 62.000 penonton. Indonesia vs Laos 70.000 penonton, dan Indonesia vs Thailand 65.000 penonton.

Tuan rumah yang lain, Vietnam di Grup B, menghargai tiket babak grup/penyisihan jauh lebih murah. Dengan tiket yang lebih murah dan kapasitas stadion My Dinh yang hanya 40.000 penonton, tentu Vietnam tidak akan meraup laba sebesar Indonesia.

Harga tiket babak penyisihan AFF Cup di Vietnam:
Kelas 3: Rp 25 ribu
Kelas 2: Rp 50 ribu
Kelas 1: Rp 75 ribu
VIP: Rp 90 ribu
**  dengan kurs:  1 Dong Vietnam = Rp 0,5

Sekedar catatan, AFF memberi subsidi 250 ribu USD, atau Rp 2 miliar lebih untuk tuan rumah babak penyisihan. Jadi Indonesia dan Vietnam sama-sama dapat subsidi.

Hanya saja, Vietnam bisa menekan harga dengan subsidi tersebut, sementara Indonesia tetap memberi harga pasar.

Harga Tiket Semifinal

Memasuki babak semifinal, tidak ada lagi subsidi dari AFF. Indonesia, Vietnam, dan Malaysia menetapkan harga tiket yang nyaris serupa. Bedanya, Indonesia banyak memiliki varian tiket kelas eksklusif yang lebih mahal.

Perbandingan Harga Tiket Semifinal AFF Cup:
Laga SemifinalStadionKategori TiketHarga Tiket
Malaysia
vs
Vietnam
Bukit Jalil Std
Penonton: 53 ribu
Tribun Terbuka
Tribun Tertutup
Anak-anak
Rp 60 ribu
Rp 120 ribu
Rp 15 ribu
Vietnam
vs
Malaysia
My Dinh Std.
Penonton: 40 ribu
Kelas 3
Kelas 2
Kelas 1
VIP
Rp 50 ribu
Rp 100 ribu
Rp 150 ribu
Rp 200 ribu
Indonesia
vs
Phillipina
GBK Std.
Penonton:
Leg 1: 70 ribu
Leg 2: 88 ribu
Kategori 3
Kategori 2
Kategori 1
VIP Timur
VIP Barat
VVIP
Rp 50 ribu
Rp 100 ribu
Rp 150 ribu
Rp 250 ribu
Rp 350 ribu
Rp 500 ribu
**  dengan kurs: 1 Ringgit: Rp 3000; 1 Dong Vietnam = Rp 0,5

Walaupun tiket termurah di Indonesia masih Rp 50.000 (sama seperti babak grup), kenaikan harga secara umum mendapat banyak keluhan. Apalagi PSSI mendapat 'hadiah' dengan menjadi tuan rumah 2x dikarenakan Philipina tidak punya stadion layak

Dengan menjadi tuan rumah 2x, maka 2x pula kita bisa mendapat hasil penjualan tiket. PSSI hanya menanggung akomodasi Philiipina, tanpa harus berbagi hasil dari pemasukan tiket.

"Seluruh hasil penjualan tiket menjadi milik kita,"

Itu kata Nugraha Besoes. Siapa yang dia maksud dengan 'kita'? Dia dan gerombolannya, atau masyarakat Indonesia?

nugraha besoes - pssi
Jika seluruh hasil penjualan tiket milik kita, seharusnya suporter juga mendapat 'bagian' dari keuntungan 2x tuan rumah semifinal, berupa harga tiket yang lebih murah.

Harga Tiket Final AFF Cup 2010

Masih belum puas, harga tiket final dipastikan akan naik lagi. Terutama untuk tiket kategori menengah ke atas, bahkan tiket VVIP menembus angka Rp 1 juta. Bandingkan dengan tiket final yang dijual Malaysia.

Perbandingan Harga Tiket Final Indonesia & Malaysia
Laga FinalStadionKategori TiketHarga Tiket
Malaysia
vs
Indonesia
Bukit Jalil Std
Kapasitas: 90 ribu
Tribun Terbuka
Tribun Tertutup
Anak-anak
Rp 90 ribu
Rp 150 ribu
Rp 15 ribu
Indonesia
vs
Malaysia
GBK Std.
Kapasitas: 88 ribu
Kategori 3
Kategori 2
Kategori 1
VIP Timur
VIP Barat
VVIP
Rp 50 ribu
Rp 150 ribu
Rp 200 ribu
Rp 350 ribu
Rp 500 ribu
Rp 1 juta
**  dengan kurs: 1 Ringgit: Rp 3000

Kenaikan tarif yang sangat signifikan hanya bisa dibeli oleh suporter berduit lebih. Satu tiket 'kategori 1' laga final, nilainya sama dengan dua tiket babak penyisihan untuk kategori yang sama.

Katakanlah harga tiket hampir sama dengan Malaysia, tapi...
Penting dicatat bahwa pendapatan per kapita Indonesia (2800 USD) belum sebesar Malaysia (7500 USD). Dengan pendapatan per kapita yang demikian, tentu harga tiket final di Indonesia terasa mahal bagi orang Indonesia, sebaliknya di Malaysia.

Di Malaysia, harga tiket tertinggi hanya sekitar Rp 150 ribu. Beruntung WNI yang tinggal di sana, mereka mendapat jatah 15 ribu tiket dari federasi sepakbola Malaysia, dan mendapat harga yang lebih layak daripada di negerinya sendiri. 

Jika begini, apakah harga tiket final di Indonesia sudah pantas?

Alasan PSSI Menaikkan Harga Tiket

Kalau memang harus mahal harganya, sebaiknya ada alasan yang tepat. Inilah dua alasan yang dikatakan PSSI lewat Nugraha Besoes:
1. Adanya peningkatan kualitas pertandingan
2. Karena tingginya antusiasme penonton

Alasan yang sebetulnya masuk akal, karena di turnamen mana pun harga tiket final pasti lebih mahal. Tapi menjadi tidak bijak jika mempertimbangkan situasi berikut:
  1. Harga tiket babak penyisihan tidak murah meski AFF memberi subsidi sebagai tuan rumah.
  2. Harga tiket semifinal dinaikkan meski Indonesia menjadi tuan rumah 2x
  3. Sudah meraup banyak pemasukan, tiket final kembali dinaikkan. Seolah PSSI hanya ingin mencari laba dari antusiasme penonton, tanpa memperhatikan perasaan para suporter yang tengah ber-euforia dan kondisi aktual masyarakat Indonesia.

Suporter Indonesia sudah memberi dukungan total, sebagian besar sesungguhnya tidak peduli mau membayar berapa pun untuk mendukung timnas. Tapi jika kemudian antusiasme ini dieksploitasi berlebihan, siapa yang tidak muak...

Lalu Kemana Pemasukan Tiket Mengalir?

Wajar muncul kecurigaan. Pasalnya, lembaga PSSI kadung bereputasi buruk di mata publik. Dan mereka tidak transparan dalam menjelaskan hasil pemasukan tiket Piala AFF ini.

Nurdin pernah mengatakan total pemasukan dari penjualan tiket hingga dua laga semifinal telah mencapai Rp 14 miliar. Pemasukan tersebut dipakai untuk membiayai pertandingan sebesar Rp 10 miliar (Rp 6 miliar untuk pertandingan penyisihan + Rp 4 miliar untuk laga semifinal).

Rp 14 miliar - Rp 10 miliar = sisa Rp 4 miliar

Anehnya,
Nurdin mengatakan sisa hasil penjualan tiket 'hanya' Rp 3 miliar.

Anehnya lagi, berbeda dengan penjelasan Nurdin, bendahara PSSI Aksanul Kosasih mengatakan bahwa panpel hanya mengeluarkan dana Rp 5,8 miliar untuk penyelenggaraan pertandingan. Jika yang benar adalah versi bendahara PSSI, sisanya malah lebih dari Rp 9 miliar.

Berapapun jumlahnya, kemana uang itu pantas jadi pertanyaan...

oOo.. mungkin untuk bonus pemain?
Gak tau juga, Aburizal Bakrie secara tegas mengatakan total bonus yang akan diberikan kepada timnas hingga juara sebesar Rp 5,5 miliar berasal dari keluarganya.

"Betul sekali, semua dari keluarga kami", katanya.

...
Ah, semoga para suporter bisa menyingkirkan rasa kecewa ini sesaat, karena tim Garuda butuh dukungan di final besok. Karena kita masih berharap ada trophy juara tahun ini... semoga.
sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

google translate

Arsip Blog

Submit Your Site To The Web's Top 50 Search Engines for Free!