Jumat, 12 November 2010

Pidato Lengkap Obama di Balairung Universitas Indonesia

Share |

Presiden Amerika Serikat Barack Obama Rabu kemarin (10/11/2010) sekitar pukul 09.30 WIB menyampaikan kuliah umum di Universitas Indonesia Depok Jawa Barat. Kuliah umum di auditorium Universitas Indonesia tersebut dihadiri sekitar 6.000 orang dari berbagai kalangan.
Dalam terjemahan bebas atas kuliah umum Barack Obama di Univeritas Indonesia tersebut, ungkapan-ungkapan yang ia sampaikan dalam bahasa Indonesia saya tandai cetak tebal miring. Lantaran, dari pidatonya yang sesekali terlontar ungkapan dalam bahasa Indonesia itulah, Obama mendapatkan sambutan meriah dan tempik sorak membahana dari undangan yang hadir.
Tak pelak lagi, kunjungan singkat Presiden Amerika Serikat Barack Obama ke Indonesia tempo hari meninggalkan goresan kenangan mendalam bagi rakyat Indonesia.
Berikut adalah terjemahan bebas pidato Presiden Obama yang disalin dari situs resmi Gedung Putih http://www.whitehouse.gov:

Pidato Presiden Barack Obama

di Auditorium Universitas Indonesia

Depok Jawa Barat

10 November 2010

09:30 WIB

Terima kasih. Terima kasih, terima kasih banyak, terima kasih kepada semuanya. Selamat pagi. (tepuk tangan membahana) Merupakan hal yang indah dan menyenangkan berada di sini, di Universitas Indonesia. Kepada pihak fakultas, staf, dan mahasiswa, dan untuk Dr. Gumilar Rusliwa Somantri, terima kasih banyak atas keramahan Anda. (tepuk tangan)
Assalamu Alaikum dan salam sejahtera. Terima kasih atas sambutan yang mengagumkan ini. Terima kasih kepada masyarakat Jakarta dan terima kasih kepada masyarakat Indonesia.
Pulang kampung nih. (tepuk tangan bergemuruhi) Saya sangat senang karena saya bisa kembali ke Indonesia dan Michelle bisa datang bersama saya. Kami sempat beberapa kali membatalkan kunjungan sejak awal tahun ini, tapi saya bertekad untuk mengunjungi negara yang sangat berarti bagi saya. Dan sayangnya, kunjungan ini terlalu singkat, tapi saya berharap bisa datang kembali tahun depan ketika Indonesia menjadi tuan rumah KTT Asia Timur. (tepuk tangan)
Sebelum melanjutkan pidato ini, saya ingin mengajak semuanya untuk mendoakan warga Indonesia yang tertimpa tsunami baru-baru ini dan letusan gunung berapi, terutama mereka yang telah kehilangan orang yang dicintai, dan mereka yang telah kehilangan segalanya. Dan saya ingin Anda semua tahu bahwa seperti biasa, Amerika Serikat akan berdiri berdampingan berdiri dengan Indonesia dalam menghadapi bencana ini. Dan kami akan suka cita membantu jika diperlukan. Sebagai tetangga, dan keluarga, pasti akan saling membantu untuk korban bencana. Saya tahu bahwa rakyat Indonesia memiliki kekuatan dan ketahanan untuk bisa melewati ini semua.
Saya akan mulai sambutan ini dengan pernyataan simpel: Indonesia bagian dari diri saya. (tepuk tangan) Saya pertama kali datang ke negara ini ketika ibu saya menikah dengan seorang Indonesia bernama Lolo Soetoro. Dan sebagai anak muda, saya datang ke suatu bagian dunia yang berbeda. Tetapi rakyat Indonesia dengan cepat membuat saya merasa seperti berada di rumah sendiri.
Jakarta sekarang, tampak sangat berbeda dengan dulu. Kota ini penuh dengan bangunan tinggi. Pada tahun 1967-1968, sebagian besar dari anda belum lahir. (Obama tertawa) Hotel Indonesia adalah salah satu bangunan tinggi dan hanya ada satu toko swalayan besar bernama Sarinah. Itu dia. (tepuk tangan) Becak dan bemo, bisa kita temukan dengan mudah di sekitar kita. Tidak ada jalan raya besar seperti yang anda miliki saat ini. Kebanyakan dari mereka berjalan di jalan tidak beraspal dan jalan kampung.
Oleh karenanya kami pindah ke Menteng Dalam, dimana – (tepuk tangan) – hai, beberapa orang dari Menteng Dalam yang datang ke sini? (tepuk tangan) Dan kami tinggal di sebuah rumah kecil. Kami memiliki pohon mangga di depan rumah. Dan saya belajar untuk mencintai Indonesia dengan menerbangkan layang-layang dan berjalan di sepanjang pematang sawah dan menangkap capung, membeli sate dan bakso dari pedagang kaki lima. (tepuk tangan) Saya masih ingat teriakan dari penjualnya. Sate! (Obama tertawa) Saya ingat itu. Bakso! (Obama tertawa lagi) Tapi sebagian besar dari semua, saya ingat orang-orang, – orang tua dan perempuan yang menyambut kami dengan senyum, anak-anak yang membuat anak asing merasa seperti seorang tetangga dan seorang teman, dan guru yang membantu saya belajar tentang negara ini.
Lantaran Indonesia terdiri dari ribuan pulau, dan ratusan bahasa, dan orang-orang dari sejumlah daerah dan kelompok etnis, hal itu membantu saya ketika saya di sini, untuk menghargai hubungan antar manusia dan kemanusiaan dari semua orang. Dan ayah tiri saya, seperti sebagian besar orang Indonesia, dibesarkan oleh seorang Muslim, ia sangat yakin bahwa semua agama layak dihormati. Dan dengan cara ini – (tepuk tangan) – dengan cara ini ia mencerminkan semangat toleransi umat beragama yang diejawantahkan dalam konstitusi Indonesia, dan tetap menjadi salah satu karakteristik yang inspiratif. (tepuk tangan)
Di sini, saya tinggal selama empat tahun – suatu masa yang cukup membantu membentuk masa kecil saya. Ada saatnya melihat kelahiran adik saya yang luar biasa, Maya, ada pula masa yang membuat saya terkesan pada ibu saya karena dia terus kembali ke Indonesia selama 20 tahun berikutnya untuk hidup dan bekerja dan melakukan perjalanan – demi kecintaannya dengan berkesempatan mempromosikan berbagai hal di desa-desa di Indonesia, terutama kesempatan bagi perempuan dan anak-anak. Dan saya sangat tersanjung – (tepuk tangan) – Saya sangat tersanjung ketika Presiden Yudhoyono tadi malam saat jamuan makan kenegaraan, negara memberikan tanda jasa atas nama ibu saya, mengakui pekerjaan yang dia lakukan. Dan dia akan sangat bangga, karena ibu saya mengabdi pada Indonesia dan sangat dekat dengan orang-orangnya, seumur hidupnya. (tepuk tangan)
Sedemikian banyak yang berubah dalam kurun empat dekade sejak saya naik pesawat untuk pindah kembali ke Hawaii. Jika anda meminta saya – atau dari teman-teman sekolah saya yang mengenal saya saat itu – Tak terlintas dalam pikiran saya  bahwa suatu hari nanti akan kembali ke Jakarta sebagai Presiden Amerika Serikat. (tepuk tangan) Dan dapat berbagi kisah yang luar biasa dari Indonesia selama empat dekade terakhir.
Jakarta, sebagaimana yang pernah saya tahu, telah tumbuh menjadi sebuah kota yang dipenuhi hampir 10 juta orang, dengan gedung pencakar langit seperti Hotel Indonesia, dan berkembang menjadi pusat budaya dan perdagangan. Sementara itu teman Indonesia saya, dan saya yang dulu berlari-lari dengan kerbau dan kambing – (Obama tertawa) – generasi baru Indonesia termasuk yang paling aktif terhubung satu sama lainnya secara online di dunia – terhubung melalui telepon seluler dan jaringan-jaringan sosial. Dan sementara Indonesia sebagai bangsa muda terfokus ke dalam, Indonesia yang berkembang saat ini memainkan peran kunci di Asia Pasifik dan pada ekonomi global. (tepuk tangan)
Saat ini, perubahan ini juga meluas ke politik. Ketika ayah tiri saya masih kecil, ia melihat ayahnya sendiri dan kakak meninggalkan rumah untuk berjuang dan mati dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia. Dan saya senang berada di sini pada Hari Pahlawan untuk menghormati sejarah Indonesia yang telah begitu banyak berkorban untuk nama negara besar ini. (tepuk tangan)
Tatkala saya pindah ke Jakarta, tahun 1967, itu adalah masa-masa terjadinya penderitaan dan konflik besar di berbagai bagian negara ini. Dan meskipun ayah tiri saya pernah bertugas di Angkatan Darat, kekerasan dan pembunuhan selama pergolakan politik di masa itu, sebagian besar tidak saya ketahui karena itu tak terucapkan oleh keluarga dan teman-teman Indonesia saya. Dalam rumah tangga saya, seperti begitu banyak orang lain di seluruh Indonesia, kenangan itu tak terlihat. Indonesia memiliki kemerdekaannya, tetapi seringkali mereka takut untuk berbicara dan mengemukakan pikiran mereka tentang berbagai isu.
Semenjak tahun-tahun yang berlalu itu, Indonesia kini bisa melakukan transformasi demokratis yang luar biasa – dari aturan tangan besi menjadi rakyat yang berkuasa. Pada tahun-tahun terakhir ini, dunia telah melihat dengan harapan dan ketakjuban bahwa orang Indonesia berjalan dalam damai saat terjadi pengalihan kekuasaan dan pemilihan langsung para pemimpinnya. Dan sebagaimana halnya sebuah demokrasi, anda memilih presiden dan parlemenf, demokrasi anda ditopang oleh sebuah masyarakat sipil yang dinamis, partai politik, media massa, dan warga, bergerak bersama dan memastikan bahwa – di Indonesia – tidak akan ada surut ke belakang dari demokrasi.
Bahkan di tanah muda saya ini, saya belajar untuk mencintai Indonesia – bahwa semangat toleransi yang ditulis ke dalam Konstitusi; dilambangkan pada masjid-masjid dan gereja dan kuil-kuil yang berdiri berdampingan satu sama lain; yang semangatnya terkandung pada rakyat anda . (tepuk tangan) Bhinneka Tunggal Ika – kesatuan dalam keragaman. (tepuk tangan) Ini adalah dasar negara Indonesia untuk percontohan dunia, dan ini mengapa Indonesia akan memainkan peranan penting dalam abad ke-21.
Dengan demikian hari ini, saya kembali ke Indonesia sebagai seorang teman, tetapi juga sebagai seorang Presiden yang mencari kemitraan yang dalam dan kekal antara kedua negara kita. (tepuk tangan) Lantaran negara-negara ini luas dan beragam; sebagai tetangga di kedua sisi Pasifik, dan di atas semua sebagai demokrasi – Amerika Serikat dan Indonesia terikat bersama oleh kepentingan bersama dan nilai-nilai bersama.
Kemarin, Presiden Yudhoyono dan saya mengumumkan nota Kemitraan Komprehensif baru antara Amerika Serikat dan Indonesia. Kami meningkatkan hubungan antar pemerintah kita di berbagai daerah, dan – sama pentingnya – kita akan meningkatkan hubungan antara orang-orang kami. Ini adalah kemitraan yang setara, didasarkan pada kepentingan bersama dan saling menghormati.
Jadi dengan sisa waktu saya hari ini, saya ingin berbicara tentang kisah Indonesia di hari-hari ketika saya tinggal di sini – sangat penting bagi Amerika Serikat dan ke seluruh dunia. Saya akan fokus pada tiga daerah yang terkait erat, dan untuk kemajuan mendasar manusia – pembangunan, demokrasi dan keyakinan beragama.
Pertama, persahabatan antara Amerika Serikat dan Indonesia dapat memajukan kepentingan bersama dalam pembangunan.
Ketika saya pindah ke Indonesia, itu akan sulit membayangkan masa depan di mana kesejahteraan keluarga di Chicago dan Jakarta akan dihubungkan. Tapi ekonomi kita sekarang global, dan Indonesia telah mengalami berbagai hal global: dari kejutan krisis keuangan Asia di era 90-an, untuk mengangkat jutaan orang keluar dari kemiskinan karena peningkatan perdagangan. Apa artinya – dan apa yang kita pelajari dalam krisis ekonomi baru-baru ini – adalah bahwa kita memiliki sumbangan berharga dalam keberhasilan masing-masing.
Amerika memiliki kepentingan di Indonesia tumbuh dan berkembang, dengan kemakmuran yang secara luas dibagi di antara rakyat Indonesia – karena kelas menengah di Indonesia meningkat berarti pasar baru untuk barang-barang kami, seperti halnya Amerika merupakan pasar untuk barang-barang yang berasal dari Indonesia. Jadi kita berinvestasi lebih di Indonesia, dan ekspor kami telah tumbuh hampir 50 persen, dan kami membuka pintu bagi Amerika dan Indonesia untuk melakukan bisnis dengan satu sama lain.
Amerika memiliki kepentingan di Indonesia yang memainkan peran yang sah dalam membentuk ekonomi global. Lewatlah sudah hari-hari ketika tujuh atau delapan negara akan datang bersama untuk menentukan arah pasar global. Itu sebabnya G20 sekarang menjadi pusat kerjasama ekonomi internasional, sehingga negara-negara berkembang seperti Indonesia memiliki suara lebih besar dan juga memikul tanggung jawab yang lebih besar untuk mengarahkan ekonomi global. Dan melalui kepemimpinannya kelompok anti-korupsi G20, Indonesia harus memimpin di panggung dunia dan dengan contoh dalam merangkul transparansi dan akuntabilitas. (tepuk tangan)
Amerika memiliki kepentingan di Indonesia yang mengejar pembangunan berkelanjutan, karena cara kita tumbuh akan menentukan kualitas hidup kita dan kesehatan planet yang kita huni. Dan itulah sebabnya kami sedang mengembangkan teknologi energi bersih yang dapat memperkuat industri dan melestarikan sumber daya alam Indonesia yang berharga – dan Amerika menyambut kepemimpinan yang kuat di negara anda dalam upaya global untuk memerangi perubahan iklim.
Di atas segalanya, Amerika memiliki kepentingan dalam keberhasilan masyarakat Indonesia. Di bawah berita utama hari itu, kita harus membangun jembatan antara orang-orang kami, karena keamanan masa depan kita dan kemakmuran bersama. Dan itu persis apa yang kita lakukan – dengan meningkatkan kerjasama antar para ilmuwan dan peneliti, dan dengan bekerja sama untuk mengembangkan kewirausahaan. Dan saya sangat senang bahwa kami telah berkomitmen untuk meningkatkan dua kali lipat jumlah mahasiswa Amerika dan mahasiswa Indonesia belajar di negara masing-masing. (tepuk tangan) Kita ingin mahasiswa lebih banyak bahasa Indonesia di sekolah-sekolah Amerika, dan kami ingin lebih banya siswa Amerika untuk datang belajar di negeri ini. (tepuk tangan) Kami ingin menjalin kerja baru dan pemahaman yang lebih besar antara kaum muda di abad muda ini.
Ini adalah isu-isu yang benar-benar penting dalam kehidupan kita sehari-hari. Pengembangan, setelah semua, bukan hanya tentang tingkat pertumbuhan dan angka pada neraca. Ini tentang apakah seorang anak bisa belajar keterampilan yang mereka butuhkan untuk membuatnya hidup dalam dunia yang terus berubah. Ini tentang apakah gagasan yang bagus diperbolehkan untuk tumbuh menjadi bisnis, dan tidak digerogoti oleh korupsi. Ini tentang kekuatan-kekuatan yang mentranformasi Jakarta, saya pernah tahu – teknologi dan perdagangan dan aliran orang dan barang – dapat terejawantah dalam kehidupan yang lebih baik bagi seluruh rakyat Indonesia, untuk semua manusia, kehidupan yang ditandai oleh martabat dan kesempatan.
Saat ini, pembangunan tidak terlepas dari peran demokrasi.
Hari ini, kita kadang-kadang mendengar bahwa demokrasi berjalan sejajar dengan kemajuan ekonomi. Ini bukan sebuah argumen baru. Khususnya dalam masa perubahan dan ketidakpastian ekonomi, beberapa orang akan berkata bahwa lebih mudah untuk mengambil jalan pintas untuk pembangunan dengan perdagangan jauh hak manusia untuk kekuasaan negara. Tapi bukan itu yang saya lihat di perjalanan saya ke India, dan itu tidak saya lihat di sini di Indonesia. prestasi anda menunjukkan bahwa demokrasi dan pembangunan memperkuat satu sama lain.
Sebagaimana halnya demokrasi, kita mengetahui arah jalan kembalinya. Amerika tidak berbeda. Konstitusi kami sendiri berbicara tentang upaya untuk menempa sebuah “persatuan yang sempurna” dan itu adalah perjalanan yang kami tempuh selama ini. Kami telah mengalami perang saudara dan kami berjuang untuk memperoleh hak yang sama bagi semua warga negara kita. Tapi justru upaya yang telah memungkinkan kami untuk menjadi lebih kuat dan lebih sejahtera, sementara juga menjadi lebih adil dan masyarakat yang lebih bebas.
Sebagaimana halnya negara-negara lain yang muncul dari penjajahan pada abad lalu, Indonesia berjuang dan berkorban untuk menentukan nasib anda sendiri. Apa yang kita namakan dengan Hari Pahlawan adalah tentang semua – sebuah Indonesia yang dimiliki rakyat Indonesia. Tapi anda juga yang akhirnya memutuskan bahwa kebebasan tidak berarti mengganti tangan yang kuat dari penjajah dengan orang sangat berkuasa dari kalangan anda sendiri.
Sudah barang tentu, demokrasi memiliki kekurangan. Tidak semua orang menyukai hasil setiap pemilu. Namun itu adalah perjalanan yang berharga. Diperlukan lembaga-lembaga yang kuat untuk memeriksa kekuasan – konsentrasi kekuasaan. Diperlukan pasar terbuka untuk memungkinkan individu berkembang. Diperlukan pers bebas dan sistem peradilan yang independen untuk memberantas penyalahgunaan, dan mendesakkan akuntabilitas. Diperlukan masyarakat yang terbuka dan warga negara yang aktif untuk menolak adanya ketimpangan dan ketidakadilan.
Hal-hal itulah kekuatan yang akan memajukan Indonesia. Dan diperlukan penolakan untuk mentoleransi korupsi, suatu komitmen terhadap keterbukaani dalam pemerintahan, dan keyakinan bahwa kebebasan orang Indonesia adalah hasil perjuangan rakyat secara bersama-sama.
Hal demikian merupakan pesan dari orang Indonesia yang sudah memiliki pengetahuan lebih lanjut berkisah tentang demokrasi – mulai dari orang-orang yang bertempur dalam Peperangan Surabaya 55 tahun yang lampau, untuk para mahasiswa yang berunjuk rasa damai demi demokrasi pada tahun 1990-an, untuk para pemimpin yang telah melalui jalan damai dalam masa transisi kekuasaan di abad ini. Lantaran pada akhirnya, hal demikian akan menjadi hak-hak warga negara yang akan merajut kebersaman Nusantara yang luar biasa ini, yang membentang dari Sabang hingga Merauke, suatu tuntutan mendesak – (tepuk tangan) – suatu tuntutan bahwa setiap anak yang lahir di negeri ini harus diperlakukan sama, apakah mereka datang dari Jawa atau Aceh; dari Bali atau Papua. (tepuk tangan) Semua orang Indonesia memiliki hak-hak yang sama.
Ikhtiar tersebut meluas ke contoh bahwa Indonesia sekarang berperan di luar negeri. Indonesia mengambil inisiatif untuk mendirikan Forum Demokrasi Bali, sebuah forum terbuka bagi negara-negara untuk berbagi pengalaman dan praktek-praktek terbaik dalam mengembangkan demokrasi. Indonesia juga berada di garda depan mendorong untuk lebih memperhatikan hak asasi manusia di ASEAN. Negara-negara Asia Tenggara harus memiliki hak untuk menentukan nasib mereka sendiri, dan Amerika Serikat akan sangat mendukung hak itu. Tetapi orang-orang Asia Tenggara harus memiliki hak untuk menentukan nasib mereka sendiri juga. Dan itulah mengapa kita mencela pemilu di Burma baru-baru ini yang tidak bebas dan adil. Itulah sebabnya kami mendukung pemberdayaan masyarakat sipil dalam bekerja dengan mitra di seluruh wilayah ini. Karena tidak ada alasan untuk berhenti menghormati hak asasi manusia dengan batasan-batasan negara manapun.
Seiring dengan itu, adalah bahwa pembangunan dan demokrasi mengangankan nilai-nilai universal tertentu. Kemakmuran tanpa kebebasan hanya bentuk lain dari kemiskinan. Karena manusia adalah makhluk sosial – kebebasan anda mengetahui bahwa pemimpin bertanggung jawab kepada anda, dan bahwa anda tidak akan dipenjara karena tidak setuju dengan mereka, kesempatan untuk mendapatkan pendidikan dan untuk dapat bekerja dengan bermartabat, kebebasan untuk mempraktekkan iman anda tanpa rasa takut atau dihalang-halangi. Itu adalah nilai-nilai universal yang harus diperhatikan di mana-mana.
Kini, agama adalah topik terakhir yang ingin saya bicarakan hari ini, dan – seperti demokrasi dan pembangunan – itu adalah hal fundamental di Indonesia.
Sebagaimana negara-negara Asia lain yang saya kunjungi dalam perjalanan ini, Indonesia kental dengan spiritualitas – tempat di mana orang menyembah Allah dalam berbagai cara. Seiring dengan keragaman yang kaya, juga rumah bagi penduduk Muslim terbesar di dunia – keyakinan yang saya tahu sebagai seorang anak tatkala saya mendengar panggilan azan di pelosok Jakarta.
Sama seperti individu yang tidak didefinisikan semata-mata oleh iman mereka, Indonesia diartikan tidak samata oleh populasi besar kaum Muslimnya. Akani kami juga tahu bahwa hubungan antara Amerika Serikat dan masyarakat Muslim telah memburuk selama bertahun-tahun. Sebagai Presiden, saya telah membuat prioritas untuk mulai memperbaiki hubungan ini. (tepuk tangan) Sebagai bagian dari ikhtiar  itu, saya pergi ke Kairo Juni lalu, dan saya menyampaikan pidato tentang Sebuah Awal Baru Antara Amerika Serikat dan Umat Islam di seluruh dunia – sesuatu yang membuat jalan bagi kami untuk bergerak mengatasi perbedaan-perbedaan antara kita.
Saya mengatakan demikian, dan saya akan mengulangi sekarang, bahwa tidak ada satu pidato yang bisa mengatasi ketidakpercayaan yang terjadi. Tapi saya percaya itu, dan saya percaya hari ini, bahwa kami memang memiliki pilihan. Kami bisa memilih untuk diartikan oleh perbedaan kami, dan menyerah pada kecurigaan dan ketidakpercayaan. Atau kita dapat memilih untuk bekerja keras dan berkomitmen untuk terus mengejar kemajuan. Dan saya bisa menjanjikan pada anda – tidak peduli apa kemunduran mungkin datang, Amerika Serikat berkomitmen untuk memajukan kemanusiaan. Hal itulah siapa kami.. Hal itulah yang kami lakukan. Dan hal  itulah yang akan kami lakukan. (tepuk tangan)
Kini, kami tahu juga isu-isu yang telah menimbulkan ketegangan selama bertahun-tahun – dan ini adalah masalah yang saya bahas di Kairo. Dalam 17 bulan yang lalu sejak pidato itu, kami telah membuat beberapa kemajuan, tetapi kami memiliki banyak pekerjaan yang harus dilakukan.
Warga sipil tidak bersalah di Amerika, di Indonesia dan seluruh dunia masih menjadi target pelaku kekerasan. Saya telah menjelaskan bahwa Amerika tidak, dan tidak akan pernah, berperang dengan Islam. Sebaliknya, kita semua harus bekerja sama untuk mengalahkan al Qaeda dan sekutunya, yang tidak mengklaim menjadi pemimpin agama apapun — pasti bukan yang besar, agama dunia seperti Islam. Tetapi mereka yang ingin membangun tidak boleh menyerahkan tanah untuk teroris yang berusaha untuk menghancurkan. Dan ini bukan tugas Amerika saja. Di sini di Indonesia, anda telah membuat kemajuan dalam melawan ekstremis dan memerangi kekerasan tersebut.
Di Afghanistan, kami melanjutkan terus bekerja dengan koalisi negara-negara untuk membangun kapasitas pemerintah Afghanistan untuk mengamankan masa depan dalam membangun perdamaian di negeri yang dilanda perang – kedamaian yang tidak memberikan tempat yang aman bagi ekstremis kekerasan, dan yang memberi harapan bagi rakyat Afghanistan.
Sementara itu, kami telah membuat kemajuan pada salah satu komitmen utama kami – upaya kami untuk mengakhiri perang di Irak. Kurang lebih 100.000 pasukan Amerika sekarang meninggalkan Irak, sejak saya menjadi presiden. (tepuk tangan) Irak telah mengambil tanggung jawab penuh atas keamanan mereka. Dan kami akan terus mendukung Irak untuk membentuk pemerintahan sendiri, dan kami akan membawa pulang semua tentara kami.
Di Timur Tengah, kami menghadapi pasang surut perdamaian, tapi kami akan tetap gigih pengupayakan perdamaian. Israel dan Palestina memulai kembali pembicaraan tetapi tetap ada rintangan. Semestinya tidak ada ilusi bahwa perdamaian dan keamanan akan datang dengan mudah. Tapi bila ada keraguan: Amerika akan mengambil bagian bagi ikhtiar hasil yang adil, dan itu adalah demi kepentingan semua pihak yang terlibat – dua negara, Israel dan Palestina, hidup berdampingan dalam damai dan keamanan. Itu adalah tujuan kami. (tepuk tangan)
Taruhannya tinggi dalam menyelesaikan semua masalah ini. Untuk dunia kita telah tumbuh lebih kecil, dan sedangkan kekuatan yang menghubungkan kita telah melepaskan kesempatan dan kekayaan besar, mereka juga memberdayakan orang-orang yang berusaha untuk menggelincirkan kemajuan. Satu bom di pasar bisa melenyapkan hiruk pikuk perdagangan harian. Satu rumor berbisik dapat mengaburkan kebenaran dan menimbulkan kekerasan antara masyarakat yang pernah hidup bersama dalam damai. Di zaman yang serba cepat dan perubahan budaya bertabrakan, apa yang kita miliki sebagai umat manusia terkadang bisa hilang.
Tapi saya percaya bahwa sejarah baik Amerika dan Indonesia harus memberi kita harapan. Ini adalah kisah yang ditulis ke dalam motto nasional kita. Di Amerika Serikat, semboyan kami adalah E Pluribus Unum – berbeda tapi satu. Bhinneka Tunggal Ika – bersatu dalam keragaman. (tepuk tangan) Kami adalah dua bangsa, yang memiliki jalan yang berbeda. Namun bangsa kami menunjukkan bahwa ratusan juta orang yang memiliki keyakinan berbeda dapat bersatu dalam kebebasan di bawah satu bendera. Dan kami sekarang membangun kemanusiaan bersama – melalui orang-orang muda yang akan belajar di sekolah masing-masing, melalui pengusaha yang dapat mendatangkan kesejahteraan yang lebih besar, dan melalui kami merangkul nilai-nilai demokrasi yang fundamental dan aspirasi manusia.
Sebelum saya datang ke sini, saya mengunjungi masjid Istiqlal – tempat ibadah yang masih dalam pembangunan ketika saya tinggal di Jakarta. Dan saya mengagumi menara yang membumbung tinggi dan kubah yang mengesankan dan ruang halaman luas. Akan tetapi nama dan sejarah juga berbicara dengan apa yang membuat Indonesia hebat. Istiqlal berarti kemerdekaan, dan konstruksinya dalam bagian testamen yang ada merupakan bukti perjuangan bangsa untuk kemerdekaan. Selain itu, rumah peribadatan bagi ribuan Muslim tersebut dirancang oleh arsitek Kristen. (tepuk tangan)
Begitulah spirit Indonesia. Begitulah pesan dasar filsafat Indonesia, Pancasila. (tepuk tangan) Di negara kepulauan yang berisi beberapa ciptaan Allah yang paling indah, pulau di atas samudra bernama perdamaian, orang memilih untuk menyembah Allah sesuka mereka. Islam berkembang, tetapi begitu juga agama lain. Pembangunan diperkuat oleh demokrasil. Tradisi kuno bertahan, bahkan meningkat.
Itu tidak berarti bahwa Indonesia adalah tanpa ketidaksempurnaan. Tidak ada negara yang sempurna. Tetapi di sini kami bisa menemukan kemampuan untuk menjembatani berbagai ras dan wilayah dan agama – dengan kemampuan untuk melihat diri anda pada orang lain. Sebagai anak dari ras yang berbeda yang datang ke sini dari sebuah negeri yang jauh, saya menemukan semangat dalam sambutannya yang saya terima pada saat pindah ke sini: Selamat Datang. Sebagai seorang Kristen mengunjungi sebuah masjid pada kunjungan kali ini, saya menemukan itu dalam kata-kata seorang pemimpin yang bertanya tentang kunjungan saya dan berkata, “Muslim juga diperbolehkan dalam gereja. Kami semua adalah pengikut-pengikut Tuhan.”
Percikan ilahiah ada dalam kehidupan kita masing-masing. Kita tidak bisa menyerah pada keraguan atau rasa sinis atau putus asa. Kisah-kisah dari Indonesia dan Amerika seharusnya membuat kita optimis, karena hal itu mengingatkan kita bahwa sejarah, di samping memajukan manusia, mempererat persatuan dari berbagai bidang, dan bahwa orang di dunia ini dapat hidup bersama dalam damai. Kami, dua negara, akan bekerja sama, dengan iman dan tekad, berbagi kebenaran dengan seluruh umat manusia.
Sebagai Penutup saya, saya mengucapkan kepada seluruh rakyat Indonesia: Terima kasih atas…terima kasih. Assalamualaikum. Thank You. (tepuk tangan bergemuruh)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

google translate

Arsip Blog

Submit Your Site To The Web's Top 50 Search Engines for Free!