Senin, 01 November 2010

Inilah Dua Terobosan Terbaru Pemanfaatan Tenaga Surya Untuk Masa Depan Lebih Baik

Share |

Cadangan bahan bakar fosil yang semakin berkurang setiap harinya dan merak menemukan terobosan baru yaitu dengan memasang panel surya di gurun. peneliti berpendapat bahwa bumi menerima lebih banyak energi dari matahari dan dengan perbandingan satu jam yang diserap dari panel surya maka energi tersebut dapat kita gunakan selama satu tahun .

Dari semua tempat panel surya, baik fotovoltaik dan panas matahari, dapat diinstal, gurun yang menawarkan kemungkinan yang lebih baik. Manfaat proyek menciptakan matahari besar di gurun pasir meliputi:
Keuntungan

daerah gurun yang kebanyakan tandus, tempat itu dengan mudah dapat digunakan untuk menginstal proyek solar. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Greenpeace bersama dengan beberapa kelompok lainnya menyimpulkan bahwa gurun yang cukup kuat untuk memenuhi hingga 25 persen dari kebutuhan listrik di dunia pada tahun 2050.
Di gurun Sahara, dengan cakupan awan kurang dan sudut matahari lebih baik, seseorang bisa mendapatkan lebih dekat dengan 83 W / m². Wilayah tidak berpenghuni dari gurun Sahara adalah lebih dari 9 juta km ², yang jika ditutupi dengan panel surya akan menyediakan 750 terawatts tenaga listrik terbarukan. konsumsi energi saat ini Bumi adalah sekitar 13.5TW pada suatu waktu tertentu.

Dengan sedikit hujan, gurun biasanya tetap panas dan cerah, membuat tempat ini ideal untuk pembangkit energi surya. Iklim yang cerah cocok untuk kedua instalasi surya fotovoltaik dan instalasi panas matahari.

Selain memerangi perubahan iklim, pembangkit listrik berbasis gurun akan menciptakan lapangan kerja dan meningkatkan pembangunan ekonomi masyarakat lokal. dan memebuat penduduk lokal dan lingkungan senang dengan proyek solar.
Kerugian

Suhu rata-rata dari gurun Sahara adalah sekitar 30 derajat Celcius. Variasi juga mungkin besar dari lebih dari 50 derajat Celsius pada siang hari selama musim panas di bawah nol derajat Celcius pada malam hari di musim dingin. suhu panas membuat panel photovoltaic kurang efisien dalam mengkonversi sinar matahari menjadi listrik.

Angin di daerah-daerah akan ledakan panel surya dengan debu yang padat, yang akan mengurangi efisiensi kedua cermin yang digunakan dalam kasus instalasi panas matahari dan modul fotovoltaik yang digunakan dalam instalasi PV surya.

Karena letak panel surya yang jauh dari pemukiman maka,Beberapa persentase listrik yang dihasilkan akan hilang selama penyaluran.


Sementara gurun memiliki banyak sinar matahari, walaupun sedikit , tetapi juga sangat diperlukan sumber daya untuk pembangunan pembangkit listrik panas matahari ialah air. Air adalah agen pendingin untuk instalasi termal dan surya fotovoltaik baik, tanpa itu panel akan terlalu panas dan efisiensi secara signifikan akan berkurang.
Proyek yang sedang dijalankan

The Mojave Solar Park adalah fasilitas tenaga surya yang saat ini dikontrak untuk dibangun di Gurun Mojave di California. Fasilitas ini dibangun oleh Solel Inc dan dirancang untuk memiliki kapasitas 553MW. Setelah selesai akan menjadi fasilitas koleksi solar terbesar di dunia baik dalam kapasitas dan luas area.

Energi Matahari adalah perencanaan instalasi energi surya di bagian tak berpenghuni timur Riverside County, California. Sistem akan mengandalkan 4.400.000 galon garam mencair ditempatkan di menara 538 kaki. Mirror sekitar menara mencerminkan sinar matahari di atasnya, pemanasan garam untuk suhu yang besar dan akibatnya panel akan tetap menghasilkan energi listrik selama tujuh jam setelah matahari terbenam.



Proyek gurun Shara energi matahari yang dapat diperbaharui "oasis" dijadwalkan akan dibangun pada tahun 2010.dengan memanggil beberapa Pakar memeriksa situs kering di Australia, Amerika, Timur Tengah dan Afrika. Proyek sahara adalah suatu pendekatan holistik bagi penciptaan pekerjaan lokal, makanan, air dan energi, menggunakan solusi relatif sederhana meniru desain dan prinsip-prinsip dari alam. Energi yang dihasilkan oleh panel listrik oleh gurun sahara mampu untuk memasuk energi listrik Benua Eropa selama 5 Tahun
Konsep berbasis-angkasa memiliki beberapa keuntungan yaitu. Tidak ada udara dalam ruang, sehingga permukaan akan mengumpulkan banyak menerima sinar matahari lebih intens, tidak terpengaruh oleh cuaca. Di orbit geostasioner, sebuah SPS (satelit tenaga surya) akan menyala lebih dari 99% dari waktu; seperti SPS akan berada di bayangan Bumi hanya pada beberapa hari di musim semi dan ekuinoks musim gugur, dan penyerapan energi maksimal 75 menit sebelum larut malam ketika itu pula energi yang di gunakan dalam titik terendah. energi yang dihasilkan dapat diangkut ke bumi dengan menggunakan gelombang mikro atau radiasi laser
Proyek yang sedang dijalankan


legislator negara bagian California telah memberikan lampu hijau untuk proyek ruang berbasis surya. energi terbesar California utilitas perusahaan PG & E telah mengumumkan bahwa mereka akan membeli 200MW tenaga surya yang akan dikirim dari luar angkasa pada tahun 2016.

Selain itu, Jepang juga menyediakan dana sebsar 21.000.000.000$ untuk proyek surya yang akan mampu menghasilkan energi sebesar 1GW. Proyek ini akan dikembangkan oleh Mitsubishi Electric Corp dan IHI Corp dan akan menggunakan array kilometer persegi empat solar panel ditempatkan 36.000 km di atas permukaan bumi.
sumber: http://www.kaskus.us/showthread.php?p=262208921#post262208921 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

google translate

Arsip Blog

Submit Your Site To The Web's Top 50 Search Engines for Free!