Rabu, 03 November 2010

SBY ke Merapi, Tabiat Orba Muncul

Share |
INILAH.COM, Jakarta - Tabiat Orde Baru masih muncul di sela-sela musibah Merapi. Hanya untuk menyenangkan kunjungan Presiden SBY, jalanan di aspal mendadak dan pengungsi dimuliakan.

Saat Presiden Susilo Bambang Yudhoyono bersama rombongan mengunjungi suatu tempat, biasanya semua harus dalam keadaan rapi dan bagus. Jalan-jalan tidak boleh ada yang rusak apalagi becek.

Begitu juga halnya dengan kunjungan saat SBY meninjau kawasan pengungsian Merapi. Semua kebutuhan pengungsi diperhatikan, mulai dari yang kecil. Hal ini terlihat jelas ketika SBY berkunjung ke pos pengungsian. Jalan-jalan yang biasanya becek sudah diperbaiki.

Misalnya di salah satu tempat pengungsian yang akan dikunjungi SBY di SD Tawangrejo terlihat bagus. Selain perbaikan jalan, pengungsi yang sebelumnya tak memiliki kasur, ketika Presiden akan datang mereka dipinjami kasur busa.

"Tidur di kasur baru kemarin, dari 29 balita kemarin sore dipinjami tiga kasur busa. Besok dikembalikan," kata pengungsi, Agustinus Mujimin seperti terungkap dalam sebuah tayangan televisi, Rabu (3/11).

Akibatnya, Wakil Ketua DPR Priyo Budi Santoso menghimbau agar korban bencana tidak dibuat repot dengan kunjungan Presiden SBY. Himbauan Priyo ini terkait dengan informasi adanya pengaspalan jalan dan penutupan sebagian akses jalan di lokasi pengungsi Merapi demi menyambut kedatangan Presiden.

"Kalau sampai jalan diaspal malam hari itu merepotkan. Kalau Presiden tahu pasti tidak berkenan. Karena bikin menggerutu warga," kata Priyo di Gedung DPR, Rabu (3/11).

Sudah seharusnya aparat keamanan yang mengiringi presiden bisa menyesuaikan dengan keadaan di lokasi bencana, sehingga tidak perlu mengaspal jalan baru. Tentu tidak pas kalau merepotkan warga yang jadi korban. Tapi itulah kenyataan.

"Tabiat Orde Baru untuk menyenangkan SBY, jargon asal bapak senang (ABS) ternyata masih berlaku, siapa yang salah atau keliru?" kata sosiolog UGM Arie Sujito. [mdr]

sumber: http://nasional.inilah.com/read/detail/944352/sby-ke-merapi-tabiat-orba-muncul

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

google translate

Arsip Blog

Submit Your Site To The Web's Top 50 Search Engines for Free!