Kamis, 04 November 2010

Aktivitas Merapi Tinggi, Tinta Seismograf Muncrat

Share |
Petugas menunjukan alat seismograf akibat letusan Gunung Sinabung di Kabupaten Tanah Karo, Sumatra Utara (3/9). REUTERS / Beawiharta
TEMPO Interaktif, Yogyakarta - Aktivitas Gunung Merapi masih sangat tinggi. Sudah 24 jam tidak berhenti mengeluarkan awan panas dan material vulkanik lainnya. Tingginya intensitas ini terekam dalam seismograph yang ada diruang monitoring Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kegunungapian (BPPTK) Yogyakarta.

Jarum pada seimograf selalu over scale. Saking tingginya intensitasnya, bahkan tinta seismograf sampai muncrat. Coretan panjang pada alat rekam aktivitas geologi itu sangat panjang bahkan melebihi kertas yang ukurannya 30,5 centimeter.

“Ini menjadi rekor, sudah 24 jam Merapi tak berhenti mengeluarkan awan panas,” kata Surono, Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Badan Geologi Kementerian ESDM, Kamis (4/11).

Menurut Surono, ancaman potensial yang masih dihadapi adalah awan panas, hujan abu, lahar panas, lahar dingin dan material vulkanik. Semua sungai yang berhulu di Merapi harus dikosongkan dari aktivitas.

“Situasi saat ini sudah cukup buruk, dan semoga tidak akan bertambah lagi," katanya.

Karena intensitasnya masih tinggi, pihaknya telah menghimbau Jenderal Direktorat Penerbangan Kementerian Perhubungan untuk memperhatikan keamanan penerbangan.

MUH SYAIFULLAH

sumber: http://www.tempointeraktif.com/hg/jogja/2010/11/04/brk,20101104-289448,id.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

google translate

Arsip Blog

Submit Your Site To The Web's Top 50 Search Engines for Free!