Kamis, 04 November 2010

Skutik Honda Scoopy Gemuk Hadir di JMCS 2010

Share |
Modifikasi Scoopy. TEMPO/Arif Arianto
TEMPO Interaktif, Jakarta - Skuter otomatis (skutik) Honda Scoopy diproduksi dengan tampilan gambot alias gembrot? Pertanyaan itu terlontar dari mulut beberapa pengunjung Jakarta Motorcycle Show (JMCS) 2010 yang mulai dibuka, Rabu (3/11).

Memang, di hadapan mereka saat itu skutik Honda bergenre retro itu tengah dipajang. Lantas, apakah Honda telah memproduksi Scoopy versi ini?

"Bukan. Ini hanya contoh modifikasi yang kami lakukan. Tidak ada niatan untuk memproduksinya secara massal, tetapi kalau ada yang ingin memesannya kami akan layani. Istilahnya kami memberi layanan secara customized," kata seorang sumber di PT Astra Honda Motor (PT AHM), saat berbincang dengan Tempo, di arena gelaran JMCS, Jakarta Convention Center, Rabu (3/11).

Sekilas tampilan skutik berbalur ungu itu terkesan lebih gembrot ketimbang Scoopy yang ada saat ini. Kesan gemuk itu berkat penggunaan ban, baik depan maupun belakang, yang lebih besar dan lebar dibanding ban aslinya.

Roda depan menggunakan ban Swallow City Gripper ukuran 130/50-13. Ban yang sama dengan ukuran 150/55-14 dipasang pada roda belakang.

Menariknya, meski terkesan gambot dengan gaya retro, PT AHM sepertinya sengaja menyelipkan aura sporty. Aura itu mencuat berkat penggunaan peranti pengereman lembaran cakram berdiameter besar baik di roda depan maupun belakang menemani pelek casting. Aura itu semakin menguat karena Scoopy ini menggunakan stang berukuran lebih panjang dari setang bawaan pabrik.

"Tetapi yang membuatnya terlihat makin sporty itu adalah knalpot ganda dari stainless steel yang dirancang dengan moncong mengarah ke samping. Lainnya, footstep di legroom yang dibuat secara khusus," ujar Stevanus Regiantoro, salah seorang pengunjung saat ditanya kesan dia terhadap Scoopy yang dimodifikasi itu.

Hanya, kata dia, sayang sekali tak disebut berapa rupiah ongkos untuk mendandani Scoopy itu. Namun, ia mengaku merasa terinspirasi dengan tampilan anyar Scoopy tersebut. "Ini cukup inspiring. Honda telah memberikan satu tambahan pengetahuan bagi pengunjung acara JMCS ini," sebut Regi yang mengaku menggemari skuter itu.

ARIF ARIANTO
SUMBER

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

google translate

Arsip Blog

Submit Your Site To The Web's Top 50 Search Engines for Free!